Pesona Monumen “Simpang Lima Gumul” Kediri, Nuansa Keindahan Seperti Luar Negeri Bisa Kamu Dapatkan Disini

12.02
Simpang Lima Gumul, atau yang lebih terbiasa disebut-sebut dengan panggilan SLG merupakan sebuah objek wisata yang menjadi icon dari Kota Kediri yang gemar dikunjungi oleh masyarakat, entah itu masyarakat sekitar kota kediri maupun luar kota Kediri. Kebanyakan orang luar kota jika berkunjung ke kota Kediri namun belum mampir untuk menikmati keindahan SLG rasanya belum afdol, pasalnya memang yang paling menonjol dari Kota Kediri adalah SLG tersebut. Monumen Simpang Lima Gumul secara resmi dibangun pada tahun 2003, dan mulai diresmikan pada tahun 2008 dengan lokasi Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Pesona Monumen “Simpang Lima Gumul” Kediri

Kota Kediri menggenggam banyak cerita bersama keindahan Monomen Simpang Lima Gumul ini. Berikut ragam keindahan Simpang Lima Gumul yang bakal membuat para pengunjung selalu terbayang dengan kota Kediri. Cek it out!!

Jika Perancis Mempunyai Arc de Triomphe, Maka Kediri Mempunyai Monumen Simpang Lima Gumul

Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri mempunyai bangunan mirip Arc de Triomphe yang merupakan sebuah bangunan yang dibangun untuk menghormati para pejuang yang mati karena bertempur di Perancis. Bisa dibayangkan betapa indahnya?? :), apa lagi waktu berkunjung ke SLG waktu dimalam hari, akan terlihat sangat luar biasa indahnya, dengan adanya lampu-lampu remang-remang.

Selain disajikan dengan berbagai pemandangan yang cukup menarik, kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjamahnya, karena kamu hanya dikenakan biaya parkir saja sekitar Rp. 2 ribu per kendaraan.

Temukan Sejarah Kota Kediri Dalam Relief Monumen

Pada bagian sisi-sisi dari Monumen Simpang Lima Gumul telah terdapat pahatan relief-relief yang berisikan tentang gambaran sejarah berdirinya kota Kediri. Selain itu, juga terdapat pahatan tentang kesenian serta kebudayaan yang ada pada saat ini. Pada salah satu sudut dalam monumen, juga terdapat sebuah archa Ganesha, yang mana merupakan Dewa bagi umat Hindu dengan julukan sebagai Dewa Kebijaksanaan, Dewa Pelindung, Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, serta Dewa Penolak Balak.

Terowongan Bawah Tanah SLG Yang Patut Dicoba

Salah satu bilik yang menjadi penarik para pengunjung saat berunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul adalah Trowongan Bawah Tanah. Dalam lorong ini terdapat pula sebuah gedung serbaguna yang digunakan sebagai tempat pengumuman. Monumen SLG juga mempunyai beberapa bilik ruang yang sering digunakan sebagai tempat pertemuan pada gedung utamanya, serta ruang auditorium pada lantai atas yang mempunyai atap dengan bentuk mirip kubah.

Pesona Wahana Rekreasi Air Water Park Gumul Parade Island

Gumul Parade Island


Satu lagi, pengunjung yang berkunjung di Simpang Lima Gumul juga bisa menikmati keindahan sarana rekreasi wisata air Water Park Gumul Parade Island yang bertempat tidak begitu jauh dari monumen. Untuk bisa menikmati keindahan taman rekreasi ini, kamu harus terlebih dahulu membayar tiket masuk sekitar Rp. 15 ribu per orangnya.

Selain sebagai icon dari kota Kediri, Monumen Simpang Lima Gumul juga digunakan sebagai pusat perekonomian untuk Kabupaten Kediri. Disekitar monumen terdapat berbagai macam pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai produk-produk khas kediri salah satunya souvernir, serta masih banyak lagi yang lain sebagainya. Penasaran?? Mampir yuk, ke SLG kota Kediri (^^,).

Artikel Terkait

First